Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari
sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur
pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang
terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa
gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat
animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika
berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga
keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur
gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik
untuk disaksikan.
Apabila kita perhatikan penjelasan sebelumnya,
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan
dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuahanimasi.
Atau juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuahanimasi.
Dalam bidang grafika pemodelan visual dapat
dikategorikan sebagai dua kelompok yaitu pemodelan geometrik dan pemodelan
penampilan (appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi dari bentuk
objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat
representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat visual
diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di atas bahwa
sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan secara berurut
maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap waktu. Gambar dapat
didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris dan visual ataupun dapat
berupa citra. Pada gambar yang merupakan koleksi deskripsi, maka animasi
didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada perubahan
parameter-parameter dari deskripsi. Pada gambar yang merupakan citra, animasi
didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
Animasi Flash.
Animasi Flash.
Ada 2 cara untuk membuat animasi di dalam
Flah, animasi frame by frame dan animasi tweening. Pada animasi frame-by-frame,
Anda akan membuat gambar pada setiap frame. Pada animasi tweening, Anda hanya
membuat frame awal dan frame akhir, sedang Flash akan membuat frame diantaranya
(in between). Animasi tween merupakan cara yang baik untuk membuat gerakan dan
perubahan dalam movie dengan file yang relatif kecil.
Animasi Frame by Frame
Animasi Frame by Frame
Animasi Frame by Frame adalah membuat sebuah
ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi
frame-nya. Pada materi ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat objek
bergerak melintas pada Stage, merubah ukuran, memutar, mengganti warna dan
mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya
adalah :
1.
Frame dapat
diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan
secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat
bergerak .
2.
Keyframe adalah frame
dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi tween,
Anda membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline. Keyframe
ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam
layer ditandai oleh titik kosong.
3.
BlankKeyframe artinya
kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita
menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe
dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Macam-macan Animasi
adalah:
1.
Motion Path Anda dapat
menggunakan motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti bentuk lintasan
yang sulit. Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk membuat garis untuk
lintasan gerak objek. Layer Guide ditandai oleh ikon guide disebelah nama
layer.
2.
Animasi Margue Animasi
margue banyak dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari bagian
kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu
seterusnya.
3.
Animasi Transparan Animasi
transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahan-lahan lalu
menghilang. Animasi ini sering digunakan dalam melakukan pergantian animasi
dari satu animasi ke animasi lainnya, sehingga perpindahan animasi akan
terlihat halus.
4.
Animasi Fade. Animasi
fade adalah animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in (pemudaran
ke dalam) dan fade out (pemudaran keluar).
5.
Animasi Rotasi. Animasi
rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam, kincir angin,
putaran roda, dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah jarum jam (CW : Clock
Wise) atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).
6.
Animasi Blink. Blink
adalah animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau lampu
disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga
banyak digunakan untuk membuat banner.
7.
Animasi ShapeAnimasi
ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu
objek menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering disebut efek Morph.
8.
Animasi Masking. Masking
adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain,
sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang
ditutupi.Diposkan oleh Caca Tittiduit di 04.57 1 komentar:
Daftar Pustaka :
tittiduit.blogspot.com
Posting Komentar