Pekan Komunikasi 2013: Dare to Be Fun, Yet Ethical?

0 komentar
Untuk yang ke-12 kalinya, Pekan Komunikasi dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia kembali digelar. Pekan Komunikasi merupakan serangkaian acara yang melibatkan berbagai insan komunikasi dalam sebuah pembahasan isu dan permasalahan komunikasi di Indonesia.

Tahun ini Pekan Komunikasi mengangkat tema “Media Fun-Ethics”, sebuah bentuk kolaborasi antara kreativitas dan etika dalam pemanfaatan media massa sebagai respon dari semakin menipisnya nilai-nilai etika yang diaplikasikan dalam media massa saat ini. Bertempat di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Pekan Komunikasi yang akan diselenggarakan pada 16-19 April 2013 ini tidak hanya dibuat khusus untuk mahasiswa, tetapi juga masyarakat umum. 

Pekan Komunikasi terdiri dari lima acara besar yang meliputi lima bidang program studi ilmu komunikasi di Universitas Indonesia, yakni Journalight (Jurnalistik), Media Matters (Komunikasi Media), PRVaganza (Hubungan Masyarakat), Adwar (Periklanan), dan Creabo (Industri Kreatif Penyiaran). Journalight hadir dengan tiga mata acara, yakni Seminar “Jurnalis Bencana: Bekerja dengan Etik, Bertaruh dengan Nyawa”, Talkshow “How to Present Breaking News”, dan kompetisi (Lomba Artikel Feature dan News Anchor). 

“A-porn-priate: When Porn No Longer Became Taboo” yang diangkat dalam Media Matters ini akan mengupas persoalan pornografi melalui Screening dan Diskusi “Porn-O-Graphic”, serta Pop Research Competition dan company visit bagi para finalis. PRVaganza mempersembahkan dua mata acara, yakni PRVaganza Competition “Fun Political (Polite and Ethical) Campaign” dan Workshop “How to Win Your Constituents with Strategic Public Relations’ Approach”.

Melalui tema “Let’s Involve Everyone”, Adwar menghadirkan serangkaian mata acara yang terdiri dari The Battlefield (kompetisi), Ad Camp (workshop), dan Ad Enlightenment (seminar). Dengan mengangkat tema “Self Ethic in Digital Era”, Creabo mempersembahkan tiga mata acara, yakni Festival Film Creabo, Workshop Film Creabo “How to Make a Web Series”, dan Seminar “Self-Ethic di Era Digital”. 

Pekan Komunikasi juga akan dimeriahkan oleh Locafest (booth & bazaar) dan Commweekend sebagai puncak sekaligus penutup rangkaian acara. Commweekend merupakan malam apresiasi bagi para peserta dengan hiburan musik dan stand up comedy, juga charity sebagai bentuk kepedulian sosial. Guest star yang diundang antara lain: Endah n’ Rhesa, Efek Rumah Kaca, dan Adhitia Sofyan. 

Untuk informasi pendaftaran dan ketentuan lomba dapat diperoleh di www.pekankomunikasi.org.

source: http://travel.kapanlagi.com/events/lifestyle/718-pekan-komunikasi-2013-dare-to-be-fun-yet-ethical.html


Posting Komentar