Makalah Perilaku Konsumen

0 komentar


Tugas Dasar-Dasar Pemasaran 
KATA PENGANTAR
            Puji syukur patut kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan perlindungannya maka karya tulis ilmiah yang berjudul “Perilaku Konsumen”  ini dapat selesai tepat waktu dan tanpa hambatan yang berarti.
            Terima kasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu penulisan karya tulis ilmiah ini baik yang memberikan semangat, tenaga dan fikiran sehingga karya tulis ini dapat terselesaikan. 
            Akhir kata, karya tulis ilmiah ini adalah hasil karya yang jauh dari sempurna untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan untuk mengurangi kesalahan dipenulisan-penulisan berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Makassar,     April 2013


Penulis

DAFTAR ISI
DAFTAR ISI      
ABSTRAKSI      
BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH 
B.     RUMUSAN MASALAH
C.     TUJUAN PENULISAN
BAB II PEMBAHASAN
A.    FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
B.     EFEK IKLAN PADA PERILAKU KONSUMEN
C.     PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN 
BAB III PENUTUP  
KESIMPULAN      
DAFTAR PUSTAKA 
ABSTRAKSI
Konsep komunikasi pemasaran pada dasarnya berkaitan dengan konsepsi ekonomi tentang unsur-unsur klasik pemasaran yang lazim disebut “4P” yakni product (produk), price (harga), place (tempat distribusi) dan promotion (promosi). Konsep ini kemudian dijabarkan kedalam beberapa konsep yakni segmentasi pasar, analisis perilaku konsumen, desain produk, pengemasan, branding (pemerekan), positioning, harga distributror, promosi dan pelayanan pelanggan.
Perilaku konsumen merupakan suatu proses dan aktivitas ketika sesorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Adapun yang mempengaruhi faktor-faktor perilaku konsumen antara lain, kekuatan social budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat social, kelompok anutan ( small reference groups) dan keluarga. Sedangkan kekuatan psikologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan.
Iklan memiliki efek tersendiri bagi konsumennya. Efek tersebut dapat berupa manfaat ataupun keburukan. Setiap orang tentunya mendapatkan efek yang berbeda dari menonton iklan. Ada yang menganggap iklan tersebut bermanfaat tetapi ada pula yang menganggap iklan tersebut tidak berguna.
Efek yang kurang baik dari sebuah iklan adalah sebuah iklan akan memunculkan sebuah perilaku hedonic. Perilaku tersebut merupakan perilaku seseorang dalam mengkonsumsi suatu barang atau jusa lebih mementingkan gengsi dari produk tersebut dibandingkan kegunaan yang dapat dinikmati dari sebuah barang atau jasa yang dikonsumsi olehnya (Sumarwan 2002).
Perilaku konsumtif yang seperti itu perlu memerlukan sebuah pengendalian. Pengendalian tersebut dilakukan agar para konsumen tidak berlebihan dalam mengkonsumsi suatu barang maupun jasa. Cara-cara yang dapat ditempuh adalah dengan memiliki skala prioritas.
Teori tingkah laku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan yaitu: Pendekatan nilai guna (Utility) Kardinal dan pendekatan nilai guna ordinal.

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH  
Komunikasi pemasaran adalah proses pengolahan, produksi, dan penyampaian pesan-pesan melalui satu atau lebih saluran kepada kelompok khalayak sasaran, yang dilakukan secara berkesinambungan dan bersifat dua arah dengan tujuan menunjang efektifitas dan efisiensi pemasaran suatu produk.
Konsep komunikasi pemasaran pada dasarnya berkaitan dengan konsepsi ekonomi tentang unsur-unsur klasik pemasaran yang lazim disebut “4P” yakni product (produk), price (harga), place (tempat distribusi) dan promotion (promosi). Konsep ini kemudian dijabarkan kedalam beberapa konsep yakni segmentasi pasar, analisis perilaku konsumen, desain produk, pengemasan, branding (pemerekan), positioning, harga distributror, promosi dan pelayanan pelanggan.
Disini penulis akan membahas mengenai konsep sentral pemasaran yakni perilaku konsumen. Dalam konsep ini merupakan upaya memahami pola pembuatan keputusan dalam pembelian suatu barang atau jasa serta faktor-faktor yang mempengaruhi baik secara eksternal maupun internal. Faktor-faktor eksternal meliputi lingkungan, budaya, kelas social, pengaruh personal, keluarga dan situasi setempat. Sedangkan faktor-faktor internal mencakup sumber daya yang dimiliki setiap individu konsumen (waktu, uang, perhatian, dll) motivasi dan keterlibatan diri, pengetahuan, sikap serta unsur-unsur psikologis dan demografis.
Berbagai cara telah dilakukan oleh pebisnis dan wirausahawan untuk dapat menaikkan rating penjualan atas produk mereka, ada sebagian yang berhasil menarik perhatian konsumen namun tidak sedikit juga yang akhirnya menemukan kegagalan dalam perencanaan strategi marketing mereka terpuruk akibat sedikitnya minat konsumen terhadap produk mereka.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian suatu barang?
2.      Bagaimana iklan mempengaruhi perilaku konsumen?
3.      Pendekatan-pendekatan apa saja yang digunakan memahami perilaku konsumen?

 
C.     TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah membantu pembaca untuk lebih mengetahui bagaimana sebenarnya perilaku konsumen dalam komunikasi pemasaran. Tujuan penulisan karya tulis ini adalah sebagai pemenuhan tugas MID mata kuliah dasar-dasar komunikasi pemasaran.
BAB II
PEMBAHASAN

Perilaku konsumen merupakan suatu proses dan aktivitas ketika sesorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.

A.    FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor-faktor tersebut dibedakan menjadi 2 bagian yaitu faktor-faktor yang berasal dari dalam diri pribadi seorang konsumen dan faktor-faktor yang berasal dari lingkungan sekitar seorang konsumen. Adapun yang mempengaruhi faktor-faktor perilaku konsumen antara lain, kekuatan social budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat social, kelompok anutan ( small reference groups) dan keluarga. Sedangkan kekuatan psikologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan.Menganalisis perilaku konsumen akan berhasil apabila kita dapat memahami aspek-aspek psikologis manusia secara keseluruhan. Studi konsumen memberikan petunjuk untuk memperbaiki dan memperkenalkan produk atau jasa, menetapkan harga, perencanaan saluran, menyusun pesan, dan mengembangkan kegiatan pemasaran lain termasuk dalam mengetahui perilaku konsumen. Pemasar harus sepenuhnya memahami teori maupun realitas perilaku konsumen, mencakup beberapa fakta penting tentang konsumen dan tren konsumen masa depan. Perilaku pembelian konsumen sebenarnya di pengaruhi oleh faktor-faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Sedangkan faktor yang paling berpengaruh dan paling luas dan paling dalam adalah faktor budaya.
Menurut Kolter, Philip, Keller, Kevin Lane factor yang mempengaruhi perilaku konsumen sebagai berikut:
a.       Faktor budaya
Budaya, sub-budaya, dan kelas sosial sangat penting bagi perilaku pembelian. Budaya merupakan penentu keinginan dan perilaku pembentuk paling dasar. Anak-anak yang sedang tumbuh mendapatkan seperangkat nilai, persepsi, preferensi, dan perilaku dari keluarga dan lembaga-lembaga penting lainnya.
Masing-masing budaya terdiri dari sejumlah sub-budaya yang lebih menampakkan identifikasi dan sosialisasi khusus bagi para anggotanya. Sub-budaya mencakup kebangsaan, suku, agama, ras, kelompok bagi para anggotanya. Ketika sub-budaya menjadi besar dan cukup makmur, perusahaan akan sering merancang program pemasaran yang cermat disana.
b.      Faktor social
Selain faktor budaya, perilaku konsumen di pengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok acuan, keluarga, peran, dan status sosial. Kelompok acuan terdiri dari semua kelompok yang memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut.Keluarga merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam masyarakat dan para anggota keluarga menjadi kelompok acuan primer yang paling berpengaruh.
Peran dan status sosial seseorang menunjukkan kedudukan orang itu setiap kelompok sosial yang ia tempati. Peran meliputi kegiatan yang diharapkan akan dilakukan oleh seseorang. Masing-masing peran menghasilkan status. Contoh, seorang yang memiliki peran sebagai manajer dan status yang lebih tinggi dari pegawai kantor, dimana ia juga memiliki banyak keluarga dan anak, tentu ia akan tertarik dengan produk mobil dari Toyota, karena ada kesesuaian antara kebutuhan dan keunggulan Toyota sebagai mobil keluarga ideal terbaik Indonesia, ia bahkan juga bisa membeli pakaian mahal dan juga keluarganya, membeli rumah besar untuk keluarganya dan lain-lain.
c.       Faktor pribadi
Keputusan membeli juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, juga nilai dan gaya hidup pembeli.
d.      Faktor Psikologi
Titik awal untuk memahami perilaku konsumen adalah adanya rangsangan pemasaran luar seperti ekonomi, teknologi, politik, budaya. Satu perangkat psikologi berkombinasi dengan karakteristik konsumen tertentu untuk menghasilkan proses keputusan dan keputusan pembelian. Tugas pemasar adalah memahami apa yang terjadi dalam kesadaran konsumen antara datangnya rangsangan pemasaran luar dengan keputusan pembelian akhir. Empat proses psikologis (motivasi, persepsi, ingatan dan pembelajaran) secara fundamental, mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap rangsangan pemasaran.
Sedangkan menurut James F. Engel – Roger D Blackwell-Paul W. Miniart dalam saladin terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
·         Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
·         Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
·         Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.

B.     PENGARUH IKLAN PADA PERILAKU KONSUMEN
Efek Dari Iklan
Iklan memiliki efek tersendiri bagi konsumennya. Efek tersebut dapat berupa manfaat ataupun keburukan. Setiap orang tentunya mendapatkan efek yang berbeda dari menonton iklan. Ada yang menganggap iklan tersebut bermanfaat tetapi ada pula yang menganggap iklan tersebut tidak berguna. Iklan memang bagaikan dua sisi mata uang bagi kehidupan kita, bisa bermanfaat ataupun tidak bermanfaat. Manfaatnya adalah iklan dapat memberikan kepada kita sebuah informasi mengenai sebuah barang atapun jasa. Konsumen menjadi lebih mengetahui karakteristik dari sebuah barang maupun jasa yang diiklankan tersebut. Sehingga dalam mengkonsumsi barang yang dibutuhkan, para konsumen tidak akan salah pilih. Mereka dapat mengkonsumsi barang-barang yang memang memiliki daya guna yang tepat serta sesuai dengan kemampuannya untuk mengkonsumsi barang tersebut. Selain itu konsumen dapat terhibur oleh keberadaan iklan tersebut. Tidak jarang, sebuah iklan dikemas secara sangat lucu dan menarik sehingga para penikmat iklan dapat terhibur oleh iklan tersebut. Misalnya dengan menggunakan sosok yang diidolakan oleh banyak orang misalnya .selebritas, atlet, maupun orang-orang kenamaan seperti menteri. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan minat untuk mengkonsumsi suatu barang atau jasa yang diiklankan. Penyampaian iklan yang ditunjang dengan oemilihan media yang tepat akan sangat menentukan berhasil tidaknya pesan yang ingin disampaikan pada iklan tersebut (Perdana 2010).
Sementara itu, efek yang kurang baik dari sebuah iklan adalah sebuah iklan akan memunculkan sebuah perilaku hedonic. Perilaku tersebut merupakan perilaku seseorang dalam mengkonsumsi suatu barang atau jusa lebih mementingkan gengsi dari produk tersebut dibandingkan kegunaan yang dapat dinikmati dari sebuah barang atau jasa yang dikonsumsi olehnya (Sumarwan 2002).  Para konsumen yang hedonic tersebut mementingkan gengsinya, mereka tidak peduli akan kegunaannya tersebut. Bagi mereka, gengsi dari sebuah produk lebih penting untuk ditunjukkan kepada khalayak. Selain itu, akibat dari menonton iklan, masyarakat perkotaan menjadi lebih konsumtifakan suatu barang maupun jasa. Mereka akan terus berburu barang-barang yang memang bagi mereka menarik. Bagi mereka, berbelanja merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Tidak penting lagi bagi mereka berapa banyak uang yang dipakai untuk memenuhi kebiasaannya tersebut. Kebiasaan itu merupakan perilaku konsumen yang perlu dihindari oleh setiap oranG.
Perilaku Konsumtif Masyarakat
Dalam rangka memenuhi kebutuhannya sehari-hari, setiap orang tentunya memiliki cara tersendiri dalam memenuhinya. Namun pada intinya mereka perlu mengkonsumsi kebutuhannya tersebut. Perilaku yang mempelajari mengenai sebuah perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya adalah perilaku konsumen. Perilaku konsumen adalah perilaku untuk mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, serta menghabiskan kegunaan suatu barang dan jasa yang diharapkan mampu memuaskan kebutuhan mereka (Schiffman dan Kanuk 1994 dalam Sumarwan 2002). Perilaku setiap orang dalam memenuhi kebutuhannya tentunya berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan tiap orang dalam memenuhi kebutuhannya berbeda. Orang yang memiliki kehidupan berlebih memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi lebih banyak barang maupun jasa. Sementara orang yang memiliki kehidupan yang sederhana tentunya lebih terbatas dalam melakukan kegiatan konsumsi, baik itu mengkonsumsi barang maupun jasa.
Perilaku konsumen tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan iklan. Iklan merupakan sebuah rangsangan bagi para konsumen untuk dapat mengkonsumsi serta mendapatkan barang ataupun jasa yang menjadi kebutuhan konsumen tersebut. Iklan diterima sebagai sebuah informasi. Informasi tersebut yang dapat memengaruhi kita dalam berperilaku. Konsumen akan semakin tahu bara atau saja apa saja yang dimperlukannya. Sehingga mereka menggunakan kemampuannya dengan baik untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Mereka dapat mempertimbangkan ataupun membandingkan mana saja yang diperlukan. Sebaliknya, iklan dapat pula menjadikan setiap orang memiliki tingkat konsumsi yang berlebih. Orang yang seperti itu dikatakan sebagai ‘korban iklan’. Mereka menjadi tertarik akan suatu produk yang diiklankan tersebut. Sehingga mereka akan mendapatkan barang ataupun jasa tersebut walaupun barang ataupun jasa tersebut tidak memiliki kegunaan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
Dalam pengambilan keputusan sebelum melakukan konsumsi, seorang konsumen pasti dipengaruhi oleh banyak hal. Suatu proses pengambilan keputusan tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu pengaruh lingkungan, latar belakang individu, serta pengaruh psikologis (Nora 2009). Ketiga aspek tersebut dapat memengaruhi pengambilan keputusan oleh seorang konsumen. Faktor lingkungan merupakan faktor-faktor fisik dari luar yang memengaruhi konsumen untuk melakukan konsumsi sesuai dengan keadaan lingkungannya tersebut. Faktor individu merupakan keinginan serta keterampilan seseorang dalam mengambil keputusan untuk melakukan konsumsi. Hal tersebut dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan pribadinya. Sementara faktor psikologis merupakan sebuah perubahan perilaku seseorang atas dasar penerimaan informasi yang didapatkan oleh seorang konsumen. Tingkat konsumsi seseorang akan bergantung kepada pengambilan keputusan tersebut. Pengambilan keputusan seseorang akan bergantung kepada faktor-faktor. Sehingga dapat diketahui bahwa perilaku konsumen sangat bergantung kepada aspek-aspek pengambilan keputusan.
Pengendalian Konsumtif
Seorang konsumen pasti akan memiliki perilaku tersendiri dalam melakukan konsumsi. Perilaku konsumen kadang-kadang meliputi hal-hal yang tidak baik. Perilaku konsumen yang tidak baik yaitu perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif yang seperti itu perlu memerlukan sebuah pengendalian. Pengendalian tersebut dilakukan agar para konsumen tidak berlebihan dalam mengkonsumsi suatu barang maupun jasa. Cara-cara yang dapat ditempuh adalah dengan memiliki skala prioritas. Dalam hidup tentunya seorang manusia mememrlukan suatu skala prioritas, selektivitas dalam memilih barang ataupun jasa, dan membatasi pengeluaran.
Seseorang harus memiliki sebuah prioritas dalam memenuhi kebutuhannya. Hal yang lebih penting bagi kehidupannya akan dipenuhi oleh konsumen tersebut. Skala prioritas dapat dibuat dalam hal menanggulangi sikap konsumtif yang sering ada di masyarakat. Sebuah prioritas merupakan sebuah kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok dapat meliputi sandang, pangan, dan papan. Skala prioritas juga dapat mengatur pengeluaran yang dilakukan oleh seorang konsumen. Bagi orang-orang yang berpenghasilan menengah kebawah, skala prioritas dapat dijadikan cara yang paling efektif dan efisien dalam mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.
Cara berikutnya adalah selektif dalam membeli atau mengkonsumsi barang atau jasa. Seorang konsumen perlu selektif dalam memilih jenis barang atau jasa yang diperlukan olehnya. Suatu barang harus diperkirakan fungsinya bagi kehidupannya. Fungsi fisiologis perlu diperhatikan. Misalnya sebuah air mineral memiliki fungsi untuk menghilangkan haus dan dahaga. Sementara itu fungsi psikologis juga harus diperhatikan. Seorang konsumen dalam mengkonsumsi barang maupun jasa dapat memengaruhi aspek psikologis. Misalnya dalam mengkonsumsi dan mempergunakan sebuah barang dapat berdampak pada kondisi psikologisnya, misalnya rasa bangga ataupun senang.
Cara yang terakhir adalah membatasi pengeluaran dalam mengkonsumsi sebuah barang dan jasa. Pengeluaran harus digunakan secara bijaksana. Pengeluaran konsumen harus dapat memenuhi kebutuhan yang utamanya terlebih dahulu, baru kebutuhan yang lainnya. Kebutuhan utamanya merupakan kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan. Sebuah kebutuhan pokok akan di paksakan untuk dapat dikonsumsi. Apabila kebutuhan pokok tersebut tidak dapat ditemui karena harganya yang terlalu tinggi, seseorang akan mencari barang-barang alternatifnya.

C.     PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN
Teori tingkah laku konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan yaitu:
·         Pendekatan nilai guna (Utility) KardinaL
·         Pendekatan nilai guna ordinal

Pendekatan nilai guna (Utility) Kardinal
Pendekatan nilai guna (Utility) Kardinal atau sering disebut dengan teori nilai subyektif : dianggap manfaat atau kenikmatan yang diperoleh seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitif / dapat diukur, dimana keseimbangan konsumen dalam memaksimumkan kepuasan atas konsumsi berbagai macam barang, dilihat dari seberapa besar uang yang dikeluarkan untuk membeli unit tambahan dari berbagai jenis barang akan memberikan nilai guna marginal yang sama besarnya. Oleh karena itu keseimbangan konsumen dapat dicari dengan pendekatan kuantitatif.
·         Kepuasan seorang konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat diukur dengan satuan kepuasan. Misalnya: mata uang.
·         Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu.
Kepuasan marginal (marginal utility)
Tambahan kepuasan yang diperoleh dari penambahan jumlah barang yang dikonsumsi.
Pendekatan nilai guna ordinal
Pendekatan nilai guna ordinal atau sering juga disebut analisis Kurva indeference : manfaat yang diperoleh masyarakat dari mengkonsumsikan barang-barang tidak kuantitif / tidak dapat diukur.
Pendakatan ini muncul karena adanya keterbatasan - keterbatasan yang ada pada pendekatan cardinal, meskipun bukan berarti pendekatan cardinal tidak memiliki kelebihan.
Kelemahan pendekatan ordinal
Kepuasan konsumen dari mengkonsumsi barang dapat diukur dengan satuan kepuasan. Pada kenyataannya pengukuran semacam ini sulit dilakukan.

Persamaan kardinal dan ordinal
Persamaan cardinal dan ordinal yaitu sama-sama menjelaskan tindakan konsumen dalam mengkonsumsi barang-barang yang harganya tertentu dengan pendapatan konsumen yang tertentu pula agar konsumen mencapai tujuannya (maximum utility)

Perbedaan kardinal dan ordinal
·         nilai guna (Utility) Kardinal menganggap bahwa besarnya utility dapat dinyatakan dalam bilangan/angka. Sedangkan analisis ordinal besarnya utility dapat dinyatakan dalam bilangan / angka.
·         Analisis cardinal mengunakan alat analisis yang dinamakan marginal utiliy(pendekatan marginal). Sedangkan analisis ordinal menggunakan analisis indifferent curve atau kurva kepuasan sama.
BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dibedakan menjadi 2 bagian yaitu faktor-faktor yang berasal dari dalam diri pribadi seorang konsumen dan faktor-faktor yang berasal dari lingkungan sekitar seorang konsumen. Adapun yang mempengaruhi faktor-faktor perilaku konsumen.
Efek iklan bagi perilaku konsumen dapat berupa manfaat ataupun keburukan. Setiap orang tentunya mendapatkan efek yang berbeda dari menonton iklan. Ada yang menganggap iklan tersebut bermanfaat tetapi ada pula yang menganggap iklan tersebut tidak berguna. Iklan memang bagaikan dua sisi mata uang bagi kehidupan kita, bisa bermanfaat ataupun tidak bermanfaat. Manfaatnya adalah iklan dapat memberikan kepada kita sebuah informasi mengenai sebuah barang atapun jasa. Konsumen menjadi lebih mengetahui karakteristik dari sebuah barang maupun jasa yang diiklankan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
Engel, James E, dkk. (1990). Consumer Behavior, Sixth Editon. Chicago: The Dryden Press.
Engel, James E, dkk. (2003 : 19). Saladin Stanton.
Kolter, dkk. (2006). Marketing Management: Twelfth Edition. New Jersey: Pearson Education, inc.
Stanton J.William. (1994). Pemasaran. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Sumarwan U. (2002). Perilaku konsumen : teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor [ID]:PT. Ghalia Indonesia dan MMA-IPB.
Website :






Posting Komentar